Monday, January 16, 2017

Tempat Wisata Anak di Jabodetabek

Menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga tercinta mungkin adalah saat saat yang paling ditunggu setiap minggunya.. Mungkin saja sudah banyak rencana yang disiapkan hari sebelumnya akan pergi kemana saja pada saat weekend baik itu hanya sekedar makan dan bermain menghabiskan waktu di mall atau pergi ke tempat tempat wisata.

Kali ini Hobbyoiknik akan memberikan rekomendasi beberapa tempat wisata keluarga terutama anak-anak di sekitar Jabodetabek yang sudah pernah kami kunjungi:
1. Kuntum Farmfield
Kuntum Farmfiel/Kuntum Nurseries berlokasi di Bogor, tepatnya di daerah sekitar Tajur.. Lebih baik datang kesini agak pagi supaya belum terlalu ramai, harga tiket cukup murah sekitar 30rb/orang dan disini anak anak bisa memberi susu ke kambing, bermain dengan kelinci dsb.. Dibanding selalu mengajak anak ke mall, ada baiknya mereka diajak bermain ke tempat tempat seperti ini kan :)


2. Taman Buah Mekarsari
Taman  Buah Mekarsari merupakan salah satu tempat rekreasi murah meriah untuk keluarga yang berlokasi di Cileungsi, Jonggol. Di taman buah Mekarsari ini tidak hanya ada buah dan tanaman saja tetapi banyak kegiatan bersama keluarga yang bisa dilakukan seperti arena permainan, piknik, atraksi air dsb.


3. Jungle Land Adventure Park
Jungle Land merupakan wahan permainan untuk segala usia yang terletak di kawasan Sentul City Bogor. Ada berbagai macam wahana yang bisa dinikmati seperti Dino World, Kiddy Land, Daytona dsb.


4. Cinemaxx Junior
Cinemaxx Junior adalah bioskop yang diperuntukkan untuk anak anak, dimana bioskop ini tidak hanya tempat untuk menonton bioskop tetapi juga disediakan berbagai macam permainan yang bisa dinikmati oleh anak anak selama 1 jam sebelum waktu nonton tiba.. Ada cukup banyak permainan seperti mandi bola dan permainan lainnya. Untuk film semua yang diputar adalah film anak anak dan untuk kursi tersedia beberapa jenis kursi seperti cinema seat, bean bag, lounge dan sofa bed.. Harga masing masing adalah sebesar 100rb/orang untuk bean bag, cinema seat dan lounge dan 200rb untuk sofabed. Sebaiknya pemesanan tiket dilakukan via online melalu website atau aplikasi cinemaxx agar lebih leluasa memlih kursi terutama sofa bed yang jumlahnya memang cukup terbatas.


5. Scientia Square Park
Scientia Square Park ini taman yang cukup luas dan lengkap yang berlokasi di BSD, sangat menyenangkan menghabiskan waktu bersama keluarga disini sambil menikmati melihat sawah yang menyejukkan mata, melihat kolam ikan, taman bermain, science, skateboard dan sebagainya.


6. Branchsto Ranch & Resto
Branchsto Ranch and Resto ini adalah sebuah ranch yang dipadukan dengan restoran.. Selain bisa berkuda disini juga bisa bermain panahan. Bisa merayakan ulang tahun anak juga disini karena ada tempat khususnya. Oiya hari Senin libur ya, jadi kalau mau kesini harus hari lain selain hari senin.


7. Snowbay Waterpark TMII
Snowbay adalah salah satu waterpark yang banyak tersebar di Jabodetabek.. Snowbay berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah.. Harga tiket di Snowbay 180rb weekend n 140rb weekdays/orang, lagi byk promo promo discount dari beberapa kartu kredit atau beli e voucher seperti di Groupon atau Qoo10 juga bisa lebih murah.. Untuk arena permainannya lumayan bagus dan yang paling saya sukai adalah fasilitas cabana dan gazebonya untuk beristirahat biar gak kepanasan dan supaya ada tempat untuk duduk duduk santai sambil makan siang bersama keluarga, Harga sewa cabana 180rb/ 3 jam dan gazebo 120rb/ 3 jam. Kalo mau naik kereta gantung untuk bisa melihat TMII dan Snowbay dari atas harga tiketnya 50 ribu/ orang


8. Ocean Dream Samudera
Ocean Samudera Ancol ini berlokasi di Ancol, yang merupakan wahana pertunjukan hewan hewan laut seperti pertunjukan singa laut, lumba-lumba, aneka satwa dsb yang sudah sangat terlatih. Pembelian tiket bisa lewat online untuk mendapatkan harga lebih murah. Pertunjukan hewan hewan ini akan mengikuti jadwal yang sudah ditentukan dan informasinya akan kita dapatkan pada saat pembelian tiket atau penukaran voucher. Jadi saat disarankan untuk datang pagi agar tidak ada pertunjukan yang terlewatkan. 


9. Waterkingdom Mekarsari
Rasanya Waterkingdom Mekarsari adalah salah satu waterpark terbagus menurut saya di sekitar Jabodetabek, sangat variatif wahana airnya, bagus dan bersih. Area foodcourt juga cukup lengkap. Untuk pembelian tiket sebaiknya di survey dulu mana yg lebih murah, menggunakan promo kartu kredit atau pembelian tiket secara online, karena biasanya sering ada promo. Lokasi Waterkingdom ini bersebelahan dengan Mekarsari dan apabila tidak ingin makan di foodcourtnya, di Waterkingdom ini juga ada restoran rumah air yang sangat menyenangkan untuk menikmati makan siang bersama keluarga disini.


10. Ah Poong Sentul City
Ah Poong ini sebenernya tempat makan, banyak sekali aneka makanan dan minuman disini, dari nasi bakar, iga bakar, sop buntut, sampai nasi kebuli juga ada. Untuk harga sih relatif ya, tidak terlalu mahal tapi juga enggak murah. Selain tersedia banyak gerai makanan, di Ah Poong ini juga ada banyak permainan untuk anak anak seperti waterball, memberi makan ikan, naik perahu dsb. Jadi memang diperuntukkan sebagai tempat wisata keluarga 



11. Taman Budaya Sentul City
Sama seperti Ah Poong, di wisata budaya yang memiliki pemandangan sangat indah ini banyak hal yang bisa dilakukan untuk bermain bersama keluarga, seperti outbound, kegiatan melukis, membatik dan membuat keramik untuk anak-anak, juga ada fun games dan naik kuda. 



12. Air Terjun Bidadari Sentul City
Air terjun bidadari ini berlokasi di Sentul tepatnya di desa Bojongkeneng. Akses ke lokasi juga sebenarnya cukup mudah, tinggal keluar tol Sentul City lalu ikuti saja jalurnya ada banyak petunjuk menuju air terjun bidadari ini, atau mudahnya gunakan saja aplikasi Waze dari smartphone anda. Setelah mendekati lokasi air terjun ini jalanannya memang tidak terlalu baik, tetapi akan sebanding dengan pemandangan air terjun yang akan anda lihat. Apabila memang belum pernah ke air terjun bidadari ini setidaknya anda harus mengunjunginya walau hanya sekali, karena dibandingkan melihat air terjun lain yang juga aksesnya cukup sulit, akses ke air terjun bidadari masih termasuk cukup mudah ditempuh. Tetapi pastikan bila anda berniat mengunjungi tempat wisata ini saat weekend sebaiknya berangkatlah pagi-pagi sekali disaat lalu lintas belum terlalu padat.



13. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta
Ini Bogor rasa Bali, pura nya bagus banget,terutama yang di dalam, tapi karena lagi renovasi jadi gak boleh masuk ke dalam. Sebenarnya ini tempat ibadah bukan tujuan wisata, tetapi pura yang indah ditambah sejuknya hawa pegunungan dan indahnya panorama di sekitar pura ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Tetapi mohon diingat karena ini adalah tempat ibadah, jadi kita harus menghormati mereka yang sedang beribadah dengan tidak berisik, berpakaian yang sopan dan sebaiknya tidak berlama lama ada ditempat tersebut.


14. Saung Apung Harvest City
Saung Apung ini berlokasi di dalam perumahan Harvest City, tempatnya cukup luas dan kita bisa memilih makan di saung saung di pinggir danau yang terdapat banyak ikan ikan kecil yang bisa dipancing oleh anak anak dengan cukup mudah. Tetapi kesini sebenernya lebih enak agak sorean biar gak terlalu panas



15. Resto Rumah Air Bogor
Selain bisa menikmati makanan sambil duduk duduk di saung, rumah Air menyediakan cukup banyak permainan buat anak anak disini seperti waterball, naik perahu dayung, ngasi makan ikan, naik becak mini, kuda pony dsb. 

16. Resto Cibogy
Cibogy adalah restoran baru di jalan raya puncak yang memiliki konsep eat, play, shop karena tidak hanya menyediakan aneka macam makanan yang rasanya cukup enak, tetapi juga oleh oleh untuk dibawa pulang dan juga tempat bermain labirin yang bisa dinikmati oleh tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. 



17. Citra Raya World of Wonders
Lokasi World of Wonders ini ada di perumahan Citra Raya Tangerang, kalo dari Jakarta tinggal masuk tol, keluar di pintu tol Bitung - Merak, sekitar 15 menitan sampe di perumahan Citra Raya, World of Wonders ini ada di dalam perumahan tsb

Harga tiket 75rb/org edisi tahun baru, normalnya 100rb/ org.. Tempatnya enggak rame, enggak ngantri, dan permainannya memang lebih buat anak anak dibawah 12 tahun, jadi banyak yang bisa mereka mainin.

Secara keseluruhan tempatnya cukup menarik, cukup luas, tersedia banyak foodcourt dan wahana permainan yang cukup lengkap. Kalau berminat main di waterpark nya, bisa membawa baju ganti, karena sudah capek keringetan main permainanya, sore sore enaknya memang langsung main air di waterpark nya, kalo makanan karena gak boleh bawa dari luar, jadi harus beli makan di dalam, tapi harga juga cukup murah, Kalo di ruko ruko di luarnya ada soto betawi bang sawit yang sudah terkenal enak.

 

18. Taman Bunga Nusantara
Kalau mau ke Taman Bunga Nusantara di saat weekend sebaiknya berangkat pagi-pagi agar belum terkena arus buka tutup dan kemacetan. Cuma memang di taman bunga ini cukup terik pada siang hari, waktu paling tepat menikmati taman bunga nusantara yang cukup luas dan bagus ini sepertinya sore hari, cari penginapan atau hotel disekitar wilayah taman bunga ini dan sore sore bisa puas mengelilingi taman bunga ini dengan berjalan kaki tanpa khawatir kepanasan. Tetapi jangan khawatir apabila anda ingin mengunjungi di siang hari anda bisa membayar tiket sebesar 50rb/orang untuk menaiki mobil garden tram atau 5rb/orang untuk menaiki mobil wara wiri yang tiketntya bisa di beli di dalam. Selain melihat bunga bunga dari berbagai negara di taman bunga nusantara ini juga menyediakan banyak permainan untuk anak-anak seperti super go kart, kereta mini, ATV dsb.

19. Monas
Tugu Monas adalah monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan Belanda. Saat ini Monas menjadi salah satu tujuan wisata warga Jakarta dan sekitarnya, Waktu paling tepat berekreasi di Monas ini sebaiknya pagi hari atau sore hari. Sementara apabila ingin menikmati pemandangan Jakarta dari atas Monas pada malam hari bisa dilakukan yaitu jam 19.00-22.00 WIB (Selasa-Jumat) dan jam 19.00-00.00 WIB pada hari Sabtu (hari Minggu libur dan hari Senin ditutup untuk perawatan)

20. Pinisi Edutaintment Park
Pinisi yang berlokasi di Pasaraya Blok M ini adalah wahana permainan anak-anak yang memadukan seni, budaya, dan ilmu pengetahuan. Benar-benar sangat mendidik dan bisa mengajarkan anak tentang budaya budaya indonesia, karena disini anak tidak hanya bermain dan belajar ilmu pengetahuan saja, tapi bisa belajar tari tradisional, belajar membatik, bermain wayang dsb. Harga tiket untuk anak-anak sebesar 100rb/orang dan dewasa 50 ribu/orang

No comments:

Post a Comment