Wednesday, January 18, 2017

Itinerary 4 Hari di Kota Batu dan Malang

Kota Batu dan Malang menyimpan sejuta pesona keindahan.. Oleh karenanya kota ini dikenal sebagai salah satu tujuan wisata terkenal di Indonesia. Pariwisata di Kota Batu bahkan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia dikarenakan jumlah kunjungan wisata ke kota ini cukup besar. Selain wisata sejarah dan alam seperti wisata candi, goa, dan air terjun saat ini yang juga tidak kalah populer adalah banyaknya wisata untuk keluarga di kota Batu seperti Jatim Park 1 dan 2. Berikut Hobbypiknik akan memberikan itinerary 4 hari 3 malam di Kota Batu. Itinerary ini kami peruntukkan untuk keluarga yang membawa anak-anak.

HARI PERTAMA:
Pilih penerbangan yang tidak terlalu pagi, tapi juga tidak terlalu sore, agar anak-anak bisa tetap sarapan pagi dulu yang benar dan sehat, agar fisik mereka kuat selama liburan nanti, tetapi jangan juga terlalu sore memilih penerbangan, supaya ketika sampai di Batu tepat di jam check in hotel dan masih bisa istirahat dulu sebentar di hotel sebelum malamnya ke Batu Night Spectacular. Idealnya ambil pesawat dengan penerbangan jam 11 siang.

Jadi hari pertama tiba di bandara di kota Malang, langsung lanjutkan perjalanan ke kota Batu dan menginapnya pilihlah di hotel Pohon Inn. Karena hotel ini sungguh unik dengan desain eksterior yang memang menyerupai pohon, dan tidak hanya itu karena lokasi ini berada di area Jatim Park 2, jadi anda cukup berjalan kaki saja menuju Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park. Keunikan lainnya dari hotel ini adalah kamar kamar hotelnya yang menghadap ke Batu Secret Zoo, sehingga kita bisa melihat kebun binatang ini dari kamar, selain itu hotel Pohon Inn ini memiliki restoran dimana sambil menikmati makanan kita bisa sekaligus melihat leopard, cheetah, jaguar yang lalu lalang di depan kita, tentunya dibatasi oleh kaca-kaca besar ya.. Wah dijamin anak-anak bakal suka deh.

HOTEL POHON INN


Setelah check ini di hotel Pohon Inn dan menikmati sebentar dari depan Batu Secret Zoo dan Museum Satwa yang memang sebelah-sebelahan dengan hotel Pohon Inn, sorenya anda bisa memulai liburan bersama keluarga dengan mengunjungi Batu Night Spectacular (BNS), karena BNS ini buka dari jam 16.00-22.00 WIB.

BATU NIGHT SPECTACULAR (BNS)
Lokasi BNS ini cukup dekat dari hotel Pohon Inn dan Batu Secret Zoo, hanya butuh waktu 5-10 menit untuk sampai disini, bisa sewa mobil dari hotel Pohon Inn, harganya tidak terlalu mahal, tapi saya lupa berapa, dan pulangnya akan di jemput kembali dari BNS ke hotel. Pas masuk BNS ini kita langsung disuguhi wahana wahana permainan seperti di pasar malam, tapi jauh lebih bagus tentunya. Yang paling menarik memang lampion garden nya, karena ada berbagai macam bentuk lampion, seperti princess, kereta kuda, dan lain sebagainya. tetapi lampion garden ini baru dibuka jam 6 sore, jadi sambil menunggu sebaiknya mengisi perut dulu di food court sambil menunggu lampion garden nya dibuka.



HARI KEDUA:
ECO GREEN PARK
Pagi pagi setelah sarapan di hotel Pohon Inn sekitar jam 8.00 pagi, kalo memang berniat pindah hotel bisa langsung check out, titipkan koper anda sampe sore di Pohon Inn (tapi kalo memilih nginep di Pohon Inn lebih enak lagi tidak perlu dipusingkan dengan urusan koper), tujuan pertama adalah ke Eco Green Park, tempatnya memang tidak persis bersebelahan dengan batu secret zoo, tetapi dari Batu secret zoo itu jalan ke kiri ikuti jalurnya lalu agak kebelakang akan ketemu eco green park nya.. Bayar tiket 60rb perorang, pembayaran bisa menggunakan cash, debit, cc dan atm juga banyak dikawasan ini

Begitu masuk akan banyak e-bike yang bisa di sewa, biaya sewa 100rb per e-bike untuk digunakan selama 3 jam kedepan. Mengingat hari ini akan berkeliling ketiga tempat yg cukup luas, jadi sebaiknya untuk menghemat tenaga bisa menggunakan e-bike tsb di Eco Green park. Cara penggunaannya juga mudah sekali tinggal pencet tombol maju atau tombol mundur. Di eco green park ini sangat bagus untuk mengenalkan anak dan mengedukasi mereka soal tanaman, hewan dan sebagainya. Waktu yang dibutuhkan di Eco Green Park ini kurang lebih sekitar 2 Jam




BATU SECRET ZOO (JATIM PARK 2)
Setelah selesai di eco green park bisa langsung beli tiket untuk masuk Batu secret zoo + museum satwa. Begitu masuk Batu secret zoo diawal akan disuguhi pemandangan hewan hewan kecil lalu semakin ke belakang semakin bagus dan unik-unik hewannya, ditambah dengan penataannya yang sangat cantik, lalu ada wahana permainan juga untuk anak anak. Dan tempat makan beserta toilet juga banyak disini, mushola juga ada. Waktu yang dibutuhkan untuk puas mengelilingi Batu Secret Zoo ini sekitar 4 Jam.

 


MUSEUM SATWA
Selesai dari Batu Secret Zoo tujuan terakhir hari kedua adalah ke Museum Satwa. Di museum satwa ini binatang binatang asli yang sudah mati kemudian diawetkan. Lokasi Museum Satwa ini persis disebelah pintu keluar Batu secret zoo, jadi sebelah sebelahan. Apabila ingin membawa makanan untuk makan malam di hotel, didalam museum satwa ini juga ada tempat makannya, dengan harga yang cukup murah dan rasa yang lumayan enak . Waktu yang dibutuhkan di museum Satwa cukup singkat yaitu sekitar 30 menit.


Sore hari setelah selesai dari Museum Satwa sekitar jam 3 atau jam 4 sore, bagi yang ingin pindah hotel, bisa memilih hotel The Singhasari Resort, hanya butuh sekitar 10 menit dari Jatim Park 2 ke hotel ini. The Singhasari resort ini adalah hotel bintang 5 dengan view nya yang sangat bagus, sejuk dan tenang. Karena hotel bintang 5 jadi fasilitasnya memang sangat lengkap, ada lapangan basket, mini golf, playground, entertaintment area, dll. Hotel ini juga menyediakan free shuttle ke Jatim Park 1&2, jadi bisa memanfaatkan fasilitas ini. Untuk harga bisa cek di Traveloka, Tiket.com, HotelQuickly dan Pegi-pegi dan juga website hotel The SInghasari resort untuk membandingkan dan mendapatkan dimana harga yang lebih murah. Tetapi apabila tidak ingin menginap di hotel ini, ada banyak hotel lainnya yang juga bisa dipilih dari website travel agent seperti Traveloka dsb.

THE SINGHASARI RESORT




HARI KETIGA:
JATIM PARK 1
Hari ketiga dilanjutkan ke Jatim Park 1,dari Pohon Inn bisa naik taksi, atau sewa mobil hotel, atau kalo dari The Singhasari Resort sudah disediakan free shuttle jam 9.45 (kalau mau lebih pagi bisa pakai taksi) untuk ke Jatim Park 1 (untuk koper bisa dititipkan dulu di hotel) begitu sampe jatim park 1 bisa beli tiket terusan (sekalian tiket museum tubuh). Jatim Park 1 ini setelah pintu masuk, kita akan melihat miniaturnya Taman Mini karena ada rumah rumah adat dan juga ada hewan-hewan seperti di Jatim Park 2, tidak hanya itu di Jatim Park 1 ini juga dilengkapi dengan wahana permainan anak anak dan waterpark. Waktu yang dibutuhkan untuk berkeliling Jatim Park 1 dengan santai sekitar 3-4 Jam


MUSEUM TUBUH
Selesai dari Jatim park 1 bisa melanjutkan ke Museum Tubuh yang berada tepat disebelah Jatim park 1, di museum tubuh ini ada gigi sampai ginjal dan usus di gambarin disini dan dijelasin. Bisa buat sekalian mengedukasi anak pentingnya menjaga kesehatan organ organ tubuh dengan rajin makan makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Untuk harga tiket terusan 100rb/orang sudah termasuk museum tubuh ini. Waktu yang dibutuhkan di museum tubuh ini sekitar 1 jam.



MUSEUM ANGKUT
Setelah selesai di Jatim Park 1 dan museum tubuh, bisa melanjutkan menggunakan taksi (atau shuttle dari Jatim Park 1) ke Museum Angkut. Harga tiket 100rb/orang sudah termasuk tiket naik pesawatnya juga di lantai 3 dan tiket masuk museum topeng. Di museum angkut ini banyak koleksi mobil mobil antik, motor, sepeda, gerobak, pedati sampai pesawat, setelah bagian ini nanti ada miniaturnya negara negara di eropa juga dan setelah keluar ada pasar apung tradisional yg bentuknya unik banget dan juga ada museum topeng. Waktu yang dibutuhkan untuk berkeliling museum angkut sekitar 1 jam



MUSEUM D'TOPENG KINGDOM DAN PASAR APUNG TRADISIONAL BATU

Setelah dari museum angkut sempatkan mengunjungi museum d'topeng kingdom dan pasar apung yang memang searah pintu keluar. Mari sama sama mendukung museum D'Topeng melestarikan budaya Indonesia. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 15 menit lalu bisa melanjutkan membeli jajanan atau oleh oleh khas Batu di Pasar Apung. Setelah selesai disini langsung berangkat ke Malang. Waktu yang dibutuhkan dari Batu ke Malang hanya berkisar 1 jam. Di Malang pilihlah hotel Harris karena walaupun tidak ditengah kota, hotel ini punya kolam renang yang sangat bagus, setelah lelah beberapa hari di Batu, leyeh-leyeh di hotel Harris ini akan sangat sangat menyenangkan




HARI KEEMPAT: 

Ambil pesawat malam, supaya bisa puas menikmati leyeh leyeh di hotel Harris, kamarnya cukup bagus dan mintalah kamar yang view nya kolam renang, penataan kolam renang dan tamannya sangat cantik difoto dari atas.

HARRIS HOTEL MALANG


Saat jam check out lanjutkan berkeliling kota Malang sambil makan siang di Toko Oen atau di restoran Taman Indie River View yang tidak terlalu jauh dari bandara (sekitar 8km) dan memiliki view dan design sangat cantik.



CATATAN: Itinerary ini bisa dirubah kalau misalnya anda ingin memasukkan Taman Bunga Selecta Batu sebagai salah satu tujuan wisata anda selama 4 hari di Kota Batu tersebut, bisa pilih penerbangan paling pagi di hari pertama supaya siang hari bisa ke taman bunga selecta dulu, atau di hari terakhir tidak perlu pindah hotel ke Malang, tetap stay di Batu sehingga bisa ke Taman Selecta. Atau beberapa tempat di Jatim Park 1 atau 2 ada yang di skip, supaya bisa ke taman selecta. Itinerary ini bersifat sangat fleksibel tergantung kebutuhan anda :)

No comments:

Post a Comment